Senin, 28 Februari 2011

Memilih Alat Konstruksi Proyek Yang Tepat

Memilih Alat Konstruksi Proyek Yang Tepat   
Dalam setiap pembangunan konstruksi membutuhkan tidak hanya material bangunan dan tenaga kerja saja terlebih dahulu memerlukan perencanaan. Dalam sistem konstruksi, perencanaan memerlukan pengetahuan dan pengalaman untuk mengetahui apa peralatan yang diperlukan, ketika akan digunakan dan untuk berapa lama akan di lokasi, apakah akan melakukan sewa alat berat, dsb. Faktor-faktor apa saja yang diperlukan dalam pemilihan peralatan konstruksi dan bagaimana seharusnya diperoleh. Semua itu menjadi bahan pertimbangan untuk menghemat waktu dan uang. Berikut lima tips dalam perencanaan dan pemilihan  perala tan konstruksi :
 
1. Ketahui Peralatan Tersebut
Setiap bagian dari peralatan sistem konstruksi dirancang untuk tujuan tertentu. Bila Anda meninjau rencana penting untuk mengetahui apakah peralatan yang diperlukan dan kapan dalam proses konstruksi akan digunakan. Jika terampil, kontraktor dapat mengidentifikasi apa peralatan konstruksi, sistem instalasi yang diperlukan untuk meninjau proyek tugas. Pengetahuan dan pengalaman dalam peralatan konstruksi akan membantu menentukan jenis peralatan kerja sebagaimana yang diperlukan.
 
2. Menggunakan peralatan standar
Dalam manajemen proyek, ketika berhadapan dengan peralatan konstruksi, cobalah untuk menggunakan bahan-bahan yang standar baik kualitas dan produksi nya. Ini adalah bagian standar yang harus tersedia di
toko penjualan peralatan konstruksi (suplyer). Hal ini akan mudah untuk menemukan bila Anda akan mengganti peralatan di lokasi tertentu jika memerlukan bagian pengganti. Bisa juga dengan melakukan sewa alat berat.
 
3. Gunakan Peralatan Yang Lebih  Kecil
Terdapat cukup banyak peralatan besar dan material di lingkungan Anda. Jadi, jika mungkin, hindari menggunakan peralatan besar. Hal ini dikarenakan  tidak ekonomis dan
lebih sulit untuk bekerja di lingkungan yang lebih kecil dibandingkan dengan peralatan yang dapat memenuhi semua lingkungan.

4. Merekrut Tenaga Ahli Bidang Peralatan
Merekrut tenaga terampil bidang peralatan konstruksi (insinyur) menjadi hal yang lebih strategis.  Hal ini  dikarenakan mereka tahu cara untuk menggunakan peralatan  konstruksi serta mampu
untuk menyelesaikan pekerjaan dengan keahlain mereka di bidang peralatan.  Selain itu, tenaga ahli  yang  berpengalaman dapat membantu mengurangi biaya untuk peralatan sewa, maupun pemeliharaannya.
 
5. Beli Dari Vendor terkemuka
Dalam melakukan manajemen proyek, saat belanja untuk peralatan konstruksi, sangat penting untuk menghitung biaya dikeluarkan oleh unit produksi. Keputusan apakah akan menyewa atau membeli peralatan hanya berdasarkan investasi awal dan / atau biaya kepemilikan per unit waktu tidak akan memberikan gambaran yang penuh potensi dari total biaya. Jika peralatan rusak, tidak hanya ada biaya untuk memperbaiki peralatan konstruksi, tetapi juga kehilangan waktu yang mengarah ke proyek dan keterlambatan, peningkatan biaya proyek. Baik menyewa atau membeli, pastikan Anda menggunakan peralatan konstruksi dari vendor/ suplier yang menyediakan kualitas peralatan dan jasa yang terpercaya.

semoga bermanfaat
salam

AS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar